Pangdam III Siliwangi Tanam Jagung di Lahan Kritis di Sumedang

  • Bagikan
Pangdam III/Siliwangi berama Bupati Sumedang, Dandim 0610/Sumedang, Danrem 062, Danyonif R 301, serva Kapolres Sumedang melakukan penanaman jagung hibrida secara simbolis . (Foto: Dok. Pendim 0610/Sumedang)

TERASJABAR.CO.ID. SUMEDANG. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melakukan penanaman simbolis jagung hibrida di lokasi lahan uji coba BIOS-44 DC Kodim 0610/Sumedang, di Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Sabtu (30/1). Dalam acara tersebut, Pangdam III Siliwangi didampingi Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir, Komandan Kodim (Dandim) 0610/Sumedang Letkol Inf. Zaenal Mustofa, serta Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto.

Hadir pula jajaran militer setempat, antara lain Komandan Korem (Danrem) 062 Kolonel Inf. Muhamad Muchidin, Danyonif R 301/Pks Mayor Inf. Wahyu Alfian Arisandi, Dansubdenpom III/2-1 Sumedang Kapten CPM Eko Budiyanto, jajaran SKPD terkait, para tokoh masyarakat, serta masyarakat Desa Naluk.

Ini merupakan penanaman tahap kedua, setelah penanaman periode pertama membuahkan hasil yang menggembirakan. Sebagai informasi, lahan yang ditanami jagung hibrida ini sebelumnya merupakan lahan kritis sisa galian C, atau penambangan pasir. Namun, berkat penggunaan pupuk BIOS-44 DC lahan menjadi subur kembali dan hasil panen yang didapat sangat menggembirakan. Sebagai gambaran, untuk lahan seluas satu hektare, dapat menghasilkan 3,8 ton jagung hibrida. Program ini sendiri diprakrsai oleh Kodim 0610/Sumedang yang didukung langsung oleh Kodam III/Siliwangi.

Dalam sambutannya, Pangdam mengatakan, masalah ketahanan pangan telah diatur di dalam UU No. 7 Tahun 1996 tentang Ketahanan Pangan. “Karena itu, tingkatkan sinergitas di wilayah Kabupaten Sumedang dalam rangka ketahanan pangan.Terus lakukan pemanfaatan lahan bekas galian yang ada, sehingga dapat produktif kembali. Dan, saya ucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Dandim 0610/Sumedang terkait keberhasilan penanaman jagung menggunakan BIOS-44, Kita berharap, upaya ini bisa lebih meningkatkan hasil panen sehingga bermanfaat bagi Masyarakat,” ucap Pangdam dalam sambutannya.

Sementara, Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Kodim 0610/Sumedang dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan di wilayahnya. “Pola yang telah dilaksanakan oleh Pak Dandim ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumedang, terutama untuk bidang ketahanan pangan. Saya mewakili masyarakat Sumedang juga mengucapkan terima kasih atas atensi Bapak Pangdam II/Siliwangi dalam rangka launching penanaman jagung menggunakan BIOS-44 di lahan ini,” ucap Bupati.

Dalam acara tersebut Pangdam juga melaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako  kepada masyarakat penggarap lahan.

Laporan: Yayat Ruhayat/Sumedang

  • Bagikan