Jokowi Pastikan Distribusi Vaksin Covid-19 Sampai ke Wilayah Terpencil

  • Bagikan

terasjabar.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan distribusi vaksin Covid-19 menjangkau hingga wilayah terpencil di Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau vaksinasi massal COVID-19 di Kecamatan Kao, Halmahera Utara, Maluku Utara Rabu (24/3/2021).

Kehadiran Jokowi di Maluku Utara untuk memastikan bahwa distribusi vaksin COVID-19 yang disalurkan oleh pemerintah pusat dapat sampai di tempat terpencil.

“Saya datang ke kecamatan ini karena saya ingin memastikan distribusi vaksin itu merata sampai ke pelosok. Bahkan, sampai ke daerah yang sulit jangkauannya,” ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual yang ditayangkan Akun YouTube Sekretariat Presiden.

BACA JUGA:  Gempa di Mamuju-Majene, 34 Orang Meninggal Dunia

Sudah menjadi tanggung jawab dari pemerintah untuk menyediakan vaksin bagi masyarakat di tempat yang sulit seperti di Kecamatan Kao. Sehingga, penduduk di sana dapat terhindar dari ancaman tertular wabah global COVID-19 yang masih merebak di berbagai wilayah.

“Tanggung jawab pemerintah mengecek bahwa pemerataan vaksin distribusi vaksin itu sampai,” imbuhnya.

Vaksinasi massal yang akan dilakukan di sana, lanjut Presiden, akan menyasar kepada pekerja publik dan kaum dengan kategori rentan seperti lanjut usia (lansia). Dengan target vaksinasi mencapai 100 orang setiap harinya di fasilitas publik yang telah ditentukan.

BACA JUGA:  Melalui Kemensos RI Sido Muncul Sumbang Rp 500 Juta untuk Korban Banjir di NTT

“Mulai hari ini nanti setiap hari 100 orang di kecamatan Kao yang penduduknya kurang lebih 9.400 orang,” imbuhnya.

Ia optimis, jangkauan distribusi vaksin yang sampai ke wilayah terpencil, maka vaksinasi massal COVID-19 dapat berjalan sesuai ekspektasi pemerintah. Dalam memutus penyebaran wabah global di seluruh wilayah nusantara dalam beberapa waktu ke depan.

“Laju penyebarannya bisa kita kurangi dan hentikan rasa itu yang paling penting,” katanya.

  • Bagikan