89.000 Nakes Jabar Telah Divaksin Covid-19

  • Bagikan
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar)

TERASJABAR.CO.ID. KOTA BANDUNG– Provinsi Jawa Barat (Jabar) secara keseluruhan telah menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada sekitar 89.000 tenaga kesehatan (nakes) dan non-kesehatan di seantero jabar. Ditargetkan, 150.000 nakes akan selesai divaksinasi dalam dua hingga tiga pekan mendatang.

Keterangan tersebut disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat memulai Gebyar Vaksin Covid-19, di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Bandung, Rabu (3/2). “Ini adalah sebuah berita gembira bahwa vaksin di Jawa Barat akan selesai untuk tahap pertama sekitar dua minggu atau tiga minggu dari sekarang 150.000 SDM kesehatan bisa dilaksanakan,” ujar Wagub, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jabar.

Wagub mengatakan, gebyar vaksin ini menjadi role modelpelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Setelah sasaran vaksin nakes terpenuhi, selanjutnya vaksinasi akan menyasar lapisan masyarakat lainnya dengan estimasi target seitar 33,5 juta orang dengan target satu tahun.

Wagub mengingatkan agar masyarakat tidak meragukan vaksin Covid-19. Hal ini dikarenakan vaksin Covid-19 sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan BPPOM pun menyatakan aman. Menurutnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun demikian, upaya ini tetap harus dibarengi dengan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta membiasakan gerakan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas).

  • Bagikan